Tips Diet untuk Penderita Maag

Maag mungkin adalah penyakit umum yang bisa diderita setiap orang, namun penyakit ini cukup merepotkan bagi penderitanya. Apalagi bagi Anda yang merasa memiliki tubuh yang kurang ideal dan menurut Anda perlu perbaikan. Perbaikan paling baik adalah dengan melakukan diet. Namun, bagi para penderita maag, cara ini pun serba salah. Ketika tidak makan dengan alasan diet, maag akan kambuh. Tapi jika makan menuruti kebutuhan perut, tubuh akan terus melebar. Bagi Anda penderita maag tidak perlu menderita terlalu lama. Anda dapat mengikuti tips diet khusus untuk penderita maag yang akan dibahas berikut ini.

5 Tips Diet untuk Penderita Maag

Selain sebagai petunjuk yang tepat untuk tuntunan diet Anda, pembahasan berikut mungkin bisa mengurangi penderitaan para penderita maag saat maag kambuh. Berikut adalah 5 tips diet untuk Anda penderita maag:

  • Membuat jadwal

Kesibukan mungkin menjadi salah satu penyebab kambuhnya maag Anda. Untuk itu, Anda bisa membuat jadwal makan harian yang akan mengingatkan Anda. Karena sekarang teknologi sudah serba canggih, tidak ada salahnya membuat alarm harian untuk mengatur pola makan di smartphone Anda. Jika hal tersebut sulit dilakukan, maka buatlah catatan jadwal per hari dalam seminggu. Jika hal tersebut juga belum bisa diterapkan dengan baik, libatkanlah orang-orang di sekitar Anda untuk menjadi pengingat dimanapun pada saat jadwal makan Anda.

  • Menjaga dan mengontrol emosi

Tidak jarang, emosi menjadi salah satu pemicu kambuhnya maag. Maka dari itu, cobalah sedikit demi sedikit mengontrol emosi Anda. Cobalah sering bercermin sambil tersenyum, Anda akan merasa lebih baik setiap harinya. Lama kelamaan, jika ada hal yang membuat Anda marah sekalipun, Anda akan merasa tidak terlalu emosi dan merasa bisa lebih mengontrol diri. Tubuh Anda pun juga akan lebih rileks dan maag Anda tidak akan kambuh dengan mudah. Jika maag tidak mudah kambuh lagi, pola diet Anda akan menjadi lebih mudah diatur.

  • Kurangi pemicu

Selain emosi, ada banyak pemicu kambuhnya maag. Maag disebabkan oleh asam lambung yang kadarnya terlalu tinggi akibat dari masuknya makanan dan minuman yang memicu hal tersebut. Makanan dan minuman yang susah dicerna menjadi salah satunya. Makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi, serta makanan yang memiliki rasa pedas dan atau asam. Kurangilah makanan-makanan jenis ini dan beralihlah ke makanan yang akan lebih menenangkan lambung Anda. Begitu pula dengan minuman, teh dan kopi serta minuman yang terlalu manis dan asam akan memicu asam lambung.

  • Istirahat

Tubuh bukan mesin yang tidak akan melakukan kesalahan. Jadi, istirahat adalah salah satu cara untuk melaksanakan diet dengan benar. Apalagi kebiasaan begadang, kebiasaan ini sama sekali tidak baik dan malah akan memicu obesitas. Istirahat yang cukup dan jalani pola hidup sehat dengan rutin berolahraga.

  • Makan sedikit namun sering

Ini salah satu tips diet yang penting. Bagi penderita maag, tidak makan adalah pantangan nomor satu. Diet tidak berarti harus tidak makan. Anda bisa menyiapkan makanan sehat dan membawanya ke kantor dalam jumlah banyak. Setiap beberapa jam, makanlah sedikit dari porsi yang sudah Anda siapkan. Begitu terus hingga makanan yang Anda siapkan habis. untuk cara ini, Anda perlu memperhitungkan makanan yang sanggup Anda makan.

Tips diet untuk penderita maag di atas perlu diimbangi dengan banyak hal. Akan sangat diperlukan untuk konsultasi dengan dokter jika Anda adalah penderita maag yang berat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *